Ragam pencak silat, Batak punya monsak

Monsak tinggal sejarah. Sudah banyak negara barat memiliki perguruan silat, yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Banyak suku di Indonesia punya aliran silat sendiri-sendiri, termasuk Batak Toba dengan monsak — yang sayangnya sangat sulit ditemukan informasinya.

Jarar Siahaan; Toba Samosir; Blog Berita

Monsak, dibaca sebagai moccak [lihat foto]. Silat khas Batak Toba ini hanya tinggal nama. Setahuku tidak ada lagi tempat untuk belajar monsak. Di beberapa kabupaten di Sumatera Utara, di kampung-kampung orang Batak Toba, belum pernah kutemukan perguruan monsak. Aku punya sejumlah kawan yang belajar silat di Tanah Batak, tapi yang mereka pelajari adalah silat dari suku lain, seperti Merpati Putih. Aku sendiri belum pernah melihat secara langsung bagaimana gerakan monsak. Ketika aku masih aktif mengajar karate aliran Shotokan, aku sering mencari perguruan monsak, tapi tidak pernah ketemu. Setelah kini aktif menulis di web, aku juga sering berusaha menelusuri Internet, tapi tetap saja aku tidak mendapatkan informasi soal monsak, alamat perguruannya pun tidak bisa kutemukan — kalau ada pembaca yang punya info soal monsak, silakan berbagi.

Berbeda dengan silat dari daerah lain yang masih gampang ditemukan, seperti silat Betawi, Sunda, Minangkabau, Madura, Bali, dll. Di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, terdapat sebuah padepokan silat berskala internasional. Menurut Wikipedia, silat Betawi saja memiliki 300 aliran. Salah satu aliran silat Betawi adalah silat Cingkrik. Si Pitung, tokoh yang sudah difilmkan itu, konon beraliran Cingkrik. Sampai sekarang aliran Cingkrik masih bisa dipelajari di padepokan di Taman Mini.

Silat diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, akan tetapi asal mulanya belum dapat dipastikan. Meskipun demikian, silat saat ini telah diakui sebagai budaya suku Melayu dalam pengertian yang luas, yaitu para penduduk daerah pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka, serta berbagai kelompok etnik lainnya yang menggunakan lingua franca bahasa Melayu di berbagai daerah di pulau-pulau Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, yang juga mengembangkan bentuk silat tradisional mereka sendiri. Sheikh Shamsuddin (2005) mengatakan, terdapat pengaruh ilmu beladiri dari Cina dan India dalam silat. Hal ini dapat dimaklumi karena memang kebudayaan Melayu (termasuk Pencak Silat) adalah kebudayaan yang terbuka, yang sejak awal kebudayaan Melayu telah beradaptasi dengan berbagai kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari India, Cina, Arab, Turki, dan lainnya. Kebudayaan-kebudayaan itu kemudian beradaptasi dengan kebudayaan penduduk asli. Maka sejarah pencak silat lahir bersamaan dengan munculnya kebudayaan Melayu.

Dalam sejarah pencak silat terdapat dua kategori akar aliran, yaitu:

  • Aliran bangsawan
  • Aliran rakyat

Aliran bangsawan adalah aliran pencak silat yang dikembangkan oleh kaum bangsawan (kerajaan). Ada kalanya pencak silat ini merupakan alat pertahanan dari suatu negara (kerajaan). Sifat dari pencak silat yang dikembangkan oleh kaum bangsawan umumnya tertutup dan mempertahankan kemurniannya. Aliran rakyat adalah aliran pencak silat yang dikembangkan oleh para pedagang, ulama, dan kelas masyarakat lainnya. Sifat dari aliran ini umumnya terbuka dan beradaptasi.

Bagi setiap suku di Melayu, pencak silat adalah bagian dari sistem pertahanan yang dimiliki oleh setiap suku/kaum. Pada jaman Melayu purba, pencak silat dijadikan sebagai alat pertahanan bagi kaum/suku tertentu untuk menghadapi bahaya dari serangan binatang buas maupun dari serangan suku lainnya. Lalu seiring dengan perjalanan masa pencak silat menjadi bagian dari adat istiadat yang wajib dipelajari oleh setiap anak laki-laki dari suatu suku. Hal ini mendorong setiap suku untuk memiliki dan mengembangkan silat daerah masing-masing.

Setiap daerah di Melayu umumnya memiliki tokoh persilatan yang dibanggakan. Sebagai contoh, bangsa Melayu terutama di Semenanjung Malaka meyakini legenda bahwa Hang Tuah dari abad ke-14 adalah pendekar silat yang terhebat. Hal seperti itu juga terjadi di Jawa, yang membanggakan Gajah Mada. Kedua tokoh ini benar-benar ada dan bukan legenda semata, dan keduanya hidup pada masa yang sama.

Perkembangan silat banyak dipengaruhi oleh kaum ulama, seiring dengan penyebaran agama Islam pada abad ke-14 di Nusantara. Catatan historis ini dinilai otentik dalam sejarah perkembangan pencak silat yang pengaruhnya masih dapat kita lihat hingga saat ini. Kala itu pencak silat telah diajarkan bersama-sama dengan pelajaran agama di surau-surau. Silat lalu berkembang dari sekadar ilmu beladiri dan seni tari rakyat menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah. Pencak silat juga menjadi bagian dari latihan spiritual.

Foto monsak: Photobucket ( Kisawung)

Source :Kisawung and
http://blogberita.net/2008/05/12/ragam-pencak-silat-batak-punya-monsak/

30 pemikiran pada “Ragam pencak silat, Batak punya monsak

  1. Sepertinya berita ini menarik jg ya….kasihan jg suku Batak… perlu upaya tersendiri untuk mengembangkan silat Batak ini……

  2. bung… gue salut ama loe yang punya perhatian ama budaya silat kita, tapi gue kecewa ama loe kenapa loe mau juga belajar karate… wei… loe perlu ingat pencak silat budaya kita ini tinggi seninya maupun teknik-teknik beladirinya, gue juga pernah melihat bagaimana seorang pendekar silat yang udah tua melawan seorang karateka yang tingkatannya dan 4, pendekar tua ini menjatuhkan karateka ini hanya dengan satu gerakan santai…. sehingga sang karateka mudah ini dibuatnya tak berdaya….
    he..he….he… hidup SILAT…

    • itu wajar bung klo kita pelajari bela diri lain, karna suatu jurus beladiri juga bisa kita gabung dengan juru bela diri lain untuk memperoleh suatu jurus yang baru, dan sekabukan sekarang juga bela diri bukan seperti beladiri jaman dulu,yang saling bersaing secara tidak sehat, tapi walaupun beladiri kita saling berbeda, saya juga sagat berharap supaya kita dapat memperoleh info tentang mossak batak, dan juga dapat saling memberi info sapaya dapat mengembanggakan Nya

      • saya sudah pernah mencari tentang mossak batak ini di kampung say, tapi sya terlambat karna yang tau mossak bata itu sudah meningal 4 tahun sebelum saya mencari info tentang mossak batak

  3. lihat di “silaban brother” ato “sorimangaraja butarbutar” kemudian ketik moccak batak
    ato latihan moccak di taman mini indonesia
    mauliate
    horas…
    horas…
    horas…

  4. dulu kake saya itu guru mossak yang lumayan dikenal lah di kmpungku hehe tp dah kembali ke Tuhan,,
    sbenrnya mossak itu msh ada,,,
    ada bebrpa faktor dan aturan kusus yang buat seakan akan mossak itu hilang:
    1. blazar mossak itu cm di plajari sama org org terpilih,.: ga songonglah tau suka pamer pamer.
    2. blajr mossak itu cm bisa di usia 20 tahun ke atas jj,,
    3. seorang guru mossak itu,,ga mau ngajarin anaknya sendiri karna itu pantangan buat silat mossak.
    4. tidak untuk di pertunjukkan, kecuali untuk adat adat yang sagngat penting,
    5. blajar mossak itu jg ,,ga ditempat kramaian,,,tp dirumah atau di di pegunungan.
    6. klo kita pengen berguru di mossak ga bakal bisa ,sebelum guru tersebut yang nawarin kita,,,jd agak tertutup

    msh banyak lg deh,,,aku tau tntang ini bkn dri kake aq,,cz dia ga bakl mau ksh tau…hehe
    kebetulan paman aq ada 2 orang yng bisamossak.,,jd aq tau dri mreka,,,

    ada crita dikit jg nih,,

    juara pencak silat se ibu kota medan itu kan aliran mossak jg …..nah kbetulan di ntu muridnya kake q yng terahir,,,tp dia bwa nama perguruan teratai putih,,,,jd di tetap merahasiakannya…wlupn tanding tetap pke mossak…

    mungkin klo kawan kawan liat mossak yng sbenarnya,,,mungkin kawan kawan bisa dikit kaget lah,,,dulu q pernah liat mreka latihan drumah kake,,wktu itu jam1 mlem,,,,disitu q ngintip dri lubang kmr q…
    selihatku mossak itu penggabungan dri kekebalan,kecepatan,dan ke branian,,
    mungkin debus dengan pisaunya ngiris tangannya tapi yang lakuin scra perlahan perlahan…
    tp dalam mossak,,mreka latihan sperti bnerran brantemnya,,,pke golok pula…,
    jd mreka bacok bacokan tyus disambil pukulan juga,,,tp smua tubuh mre ga ada yang luka,,,
    1 lg,,pernah ga liat palu/ tokkok di pukul ke kepala orng dengan kencang n kpalanya gpp??
    itu jg bagian dri mossak kwan n mash banyak lg deh,,,jdi klo pengen nelusurin mossak bisa ke samaosi jj,,namanya kampung Raut Bosi kawan..

    jd kta paman itu jg mossak itu, ga boleh buat orang yang salah bisa bahaya ktanya,,,
    jadi,,mungkin itu penyebabnya kawan…
    bukanya aq sombng tp cm mau ksh informasi ajj.

  5. mantaaaaapppp…..sebagai orang batak aku juga pengen belajar mossak. memang sih itu ilmu rahasia. tapi sayang kan karena terlalu rahasia sampai tak ada penerusnya jadi punah. Mau ga ya ada gurunya yg pindah ngajar ke jakarta? hehe

  6. maaf bg admin saya mahasiswa USU jurusan sastra daerah untuk sastra melayu
    saya pernah membaca artikel ttg mossak batak(moncak)
    kajian ttg mossak masi ada tp tidak dgn prakteknya…

  7. Saya pernah mempelajari silat mossak pada thn 2003 dari seorang guru mossak namanya jabire sihombing. Beliau sangat dikenal dimasyarakat hingga ke parsoburan (Toba) beliau tinggal di desa (pagar gunung) dekat parsoburan. Mossak ini bermacam2 ada utk tarian ada juga untuk beladiri atau disebut dengan galalapan kuda2 biasa disebut dengan basung,basung rapat atau setengah basung,utk langkah ada disebut langkah 1,2,3 dst dan ada juga disebut olang manappar angin. Sesui dgn pengamatan saya bahwa mossak batak bukanlah silat biasa akan tetapi silat yg sangat-sangat luarbiasa kenapa saya mengatakan hal demikian? Karena sesiapa yang menguasai silat mossak dengan sempurna maka ia akan terjaga 24 jam dari serangan musuh walaupun dalam keadaan tertidur. Jadi kesimpulannya silat mossak batak itu sama dengan silat gaib.

    • HorasLae sormin
      Au pe tong do parParsuburan Lae, au pe massai sihol do hupakilalahon naeng marsiajar mossak on. Nungnga husukuni angka natuatua dihuta nami hape dang adong be na tangkas mangatusi mossak. Jadi molo naeng marsiajar mossak on tu ise ma hirahira boi sukkunon

  8. di kampung kami itu namanya ilmu hitam /sipele begu.
    di tanah batak pakpak(pakpak barat) tempat terpencil di mana sisimangaraja xii dikatakan gugur pd wktu pertempuran it masih byk ,
    tapi tempatnya jauh dengan perkampungan warga,biasanya ritualnya pada malam hari mereka di rendam dlm air trus ngucapin mantra,
    setelah mereka mendapat ilmu kebal tersebut lalu mereka melawan beruang yg menyerang desa,
    tp it dlu ,sekarang sih udah jadi dukun ,

  9. Horas, kebetulan au mahasiswa S2 Etnomusikologi, mengkaji monsak jala nunga husurat i dalam bentuk skripsi (boleh dicek di USU). Alai kajian on terfokus tu konteks pertunjukan do, dang konteks fighting. Jala saonari hukaji muse lebih dalam lao husurat di Tesis S2. nunga marguru be au alai saotik dope (dang boi dope fighting ate,,sotung dicoba hamu,,mabiar dope iba, hehe). anggo monsak sabotulna adong istilah pukul2an, alai sian alogo i do diullushon akka nabinoto nai lao mangalo (alai keadaan terpaksa doi). Jala didok guru i, mmg akka natarpillit doi jala dang boi diajarhon tu gelleng na. kebetulan au na ditawari guru i do,,,jadi hupangido ma (agak spesial nih rasanya…) Sahat sadarion lagi penelitian dope au sambil ma marguru otik2, (alana dang naeng pendekar iba dabah,,naeng melestarihon do). Molo adong akka dongan na olo sharing ttg monsak,,boi ma nian di hubungi au, di email: rotary_2r@yahoo.com FB: facebook.com/romiduksinambela. molo nomr hp dang pola ate,,,annon diganggu iba,,hape dang jago dope iba dabah,,,hahahaha
    Mauliate ma.

  10. monsak masih aktif di Kota Barus, Sumatra Utara, Tapanuli Tenga, Desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi/Barus.

    Molo porlu Bantuan mangalului alamat i, boi au bantu.

    atau hub: +60148133327

    Molo menurut Sejarah Bata Guru Tatea Bulan do GURU di ATAS GURU NI HABATAKON SUDE.

    MAULIATE.

  11. Sattabi Tu akka Dongan.

    Kota Barus Terkenal do di sluruh tano batak jadi murah do mandiori Barus.

    Molo Monsak bahat dope na Aktif di kec:Barus Tap Teng.

    jadi ise sajo masuk tu Barus lao mangalului Guru Monsak hatop do dapot, Boi di Coba jala boi Mancoba Molo akka Guru Monsak di Barus.

    Au skedar Paboa dalan do Tu Akka Dongan molo Adong na mangalului Monsak Batak.

  12. Ahu lima taon lelengna marguru monsak, mulai 1983 sd 1988, alai dang boi tamat, ala tahap akhir ikkon masuk tu aliran gaib, dang olo ahu ala bertentangan tu agama. Alai burju do suhu i, dang pola muruk ibana.

    Mungkin salah satu penyebab silat tidak dipilih lagi oleh peminat beladiri adalah karena harus mempelajari ilmu gaib, padahal tidak sesuai lagi dengan ajaran agama.

  13. Horas!!
    Aku asli batak toba bertempat tinggal d Doloksanggul kab.humbang hasundatan,,dri informasi yg sya dpt mossak memang benar” ada,,tetapi d rahasiakan karna mengandung ilmu hitam,,mossak biasany fighting d dalam sarung n memakai benda tajam,,n orang yg bsa mossak tdk pernah menyerang scara langsung,, tetapi menyerang dngn ilmu gaib,,n mossak dpt d temui d daerah trpencil,contoh ny kec.Tarabintang n parlilitan,,n ibu sya pernah mempraktekkan ny itu pun cma grakan dasar..
    Horas!!

  14. jangan putus asa lae,masih ada di desa salaon pulau samosir tapi muridnya hanya tinggal 6 orang dulu kami 7 orang namun saya putuskan merantau,mudah mudahan ada generasi ygtertarik dengan mossat,saya merasa berdosa dengan tulisan anda

  15. horas
    saya orang parlilitan asli
    kalau soal mossak, itu bukan di rahasiakan.
    tapi di tutup oleh sasana beladiri timur
    kepada saudara adin sanggasana, bukan ilmu gaib yang digunakan ketika menyerang. tatapi ilmu batin
    horas

  16. Horas,kebetulan saya dari kecil sudah dibekali beladiri orang batak ini,tapi saya baru tahu namanya ” moccak”,kalau diarafiakan ke indonesia artinya “melompat”,dulu saya tahunya namanya “silat” dari singkatan kata” silahturahmi”,dengan bentuk tarian gerak yg disebut “tortor”jadi sambil kita berkenalan kita tunjukan tarian gerakan kita,menandakan kita dari kampung mana,kebetulan saya dari tanah simalungun,dan sekarang sudah di jakarta,saya 6 th belajar silat batak itu dimulai dari sd kelas 3,so kalau lae mau tanya-tanya dan share silahkan call 082158888839,kalau bisa sms dulu ya kalau mau call,saya ada keinginan mengembangkan tarian silat batak ini

    • wahh mantap itu lae
      klo lae punya ilmu ttg silat batak (mossak), harap diajarkan ke kawwan2 atau saudara2 yang ada disana
      klo bisa buka lae perguruan mossak batak
      tpi klo bisa yang mossak toba lae
      horas

  17. Saya minta tolong buat dongan2, yg tau soal perguruan bela diri mossak, saya berniat mau angkat ke film. mohon infonya dongan2
    Horassss 085275447475

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s