Betawi Punye Silat

BERBICARA mengenai cabang olahraga pencak silat, Jakarta dikenal sebagai gudangnya. Sejak dahulu di Jakarta banyak ditemukan alairan-aliran pencak silat yang sangat popular di penjuru Nusantara, bahkan dunia.

Salah seorang legenda pesilat (jawara) Betawi yang selalu menjadi buah bibir masyarakat adalah Si Pitung, jagoan yang antikolonialisme.

Mengenang pencak silat Betawi tidak terlepas dari sejarah perkembangan dan dinamika Jakarta tempo doeloe. Sejak dahulu Jakarta sudah menjadi kota kosmopolitan tempat di mana pertemuan berbagai ragam budaya, suku bangsa, hingga bangsa lain seperti Arab, Melayu, India, China, Portugal, Belanda, dan lain-lainnya.

Sejak Sunda Kelapa dikuasai oleh pasukan Demak yang dipimpin Fatahillah (1527), lahirlah Jayakarta, yang saat ini setiap tahun diperingati sebagai hari jadi kota Jakarta pada tanggal 22 Juni. Perjalanan panjang sejarah Jakarta berimpilikasi pada masyarakat yang mendiaminya.

Menurut Antropolog Universitas Indonesia, Yasmin Zaki Shahab, diperkirakan etnis Betawi terbentuk sekitar tahun 1815-1893. Oleh sebab itu orang Betawi sebenarnya terhitung sebagai pendatang baru di Jakarta. Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lainnya yang sudah terlebih dahulu hidup di Jakarta seperti orang Sunda, Jawa, Arab, Bali, Sumbawa, Ambon, dan Melayu.

Betawi memang terkenal dengan tokoh-tokoh persilatan hingga aliran jurus (maenan) yang digunakan seperti Cingkrik, Gie Sau, Beksi, Kelabang Nyebrang dan merak Ngigel, Naga Ngerem, dan sebagainya.

Keragaman aliran silat Betawi turut diwarnai oleh latarbelakang silat dari daerah lain, seperti silat aliran Sahbandar, Kuntao (China) dan beberapa aliran silat dari Sunda. Proses asimilasi mendapatkan nama aliran ataupun perkumpulan baru. Nampaknya ciri khas dan latar belakang betawi tetap kuat mewarnai gerakan jurus-jurusnya.

Seperti Mustika Kwitang yang berdiri Kampung Kwitang, Jakarta Pusat, salah satu tokohnya adalah H Muhammad Djaelani, yang lebih dikenal dengan sebutan Mad Djaelani. Ilmu silat Mustika Kwitang, kini diwariskan pada cucunya, sekaligus muridnya, H Zakaria.

Akulturasi Ilmu Silat dari China dengan Betawi bukan hal yang aneh misalnya silat Beksi, atau bek (Pertahanan) dan Sie (Empat) yang artinya pertahanan empat arah. Tiga pendekar Beksi (H Gozali, H Hasbullah, dan H Nali) dan seorang China bernama Ceng Ok, mengembangkannya di Betawi (Jakarta). Diperkiraan, aliran Beksi merupakan Silat Betawi yang paling luas penyebarannya di Jakarta saat ini.

Kemajemukan ini pula yang menyebabkan terjadinya pertukaran seni, budaya, adat istiadat hingga ilmu bela diri yang berkembang saat itu atau yang lebih populer dengan istilah “Maen Pukulan” (silat).

Silat diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 di mana masyarakat setempat (Jayakarta) pada masa itu sering mempertunjukkan seni silat di saat pesta perkawinan atau khitanan. Hal ini memperkuat dugaan bahwa silat tidak hanya berfungsi sebagai ilmu bela diri namun sudah menjadi suatu produk sosial, seni budaya yang mengakar dalam kehidupan sehari-hari.

Pencak Silat telah mewarnai kehidupan masyarakat Betawi, di mana silat atau maen pukulan adalah hal yang wajib dipelajari. Silat Betawi terkenal dengan aliran-alirannya yang merunut pada asal kampung atau daerah perkembangannya.

Hal ini menurut antropolog Parsudi Suparlan, “bahwa masyarakat betawi dalam pergaulannya sehari-hari, lebih sering menyebut dirinya berdasarkan lokalitas tempat tinggal mereka, seperti orang Kemayoran, orang Senen, orang Tanahabang, atau orang Rawabelong”.

Karena pada saat itu, kesadaran sebagai masyarakat Betawi pada awal pembentukan kelompok etnis itu belum begitu mengakar. Baru pada tahun 1923 Moh Husni Thamrin dan tokoh masyarakat Betawi mendirikan Perkumpulan Kaum Betawi di masa Hindia Belanda, menyadarkan segenap orang Betawi sebagai sebuah golongan (kelompok etnis sebagai satuan sosial dan politik yang lebih luas) sebagai golongan orang Betawi.

Betawi memang dikenal memiliki banyak cerita dan kenangan di dunia pencak silat. Konon kabarnya di Jakarta terdapat ratusan aliran silat. Si Pitung atau Sabeni dari Tanahabang hanyalah dua kisah dari sekian banyak legenda superioritas jawara-jawara Betawi zaman silam. Di tengah-tengah masyarakat Betawi pun muncul semacam keyakinan, bahwa memperdalam pencak silat adalah salah satu upaya memelihara warisan leluhur.

Si Pitung yang menjadi kisah heroisme jawara Betawi zaman silam adalah pesilat dari aliran Cingkrik (www.silatindonesia.com). Pitung berasal dari kampung Rawabelong, Kelurahan Sukabumi Utara, Jakarta Barat, belajar silat dan mengaji dari H Naipin.

Kepandaiannya bermain silat menjadikan Pitung cukup terkenal karena keberaniannya untuk membela rakyat kecil, dengan cara “merampok” orang Belanda. Pitung memberikan hasil rampasannya tersebut kepada orang-orang miskin yang membutuhkan.

Demikian dikemukakan Margreet van Till (Belanda) dalam makalah/disertasinya, In Search of si Pitung, the History of an Indonesia Legend (1996), sepak terjang Pitung menjadikan dia sebagai incaran Belanda. Karena penghianatan kawan seperguruannya, Pitung ditembak mati oleh Schout Van Hinne terjadi pada 16 Oktober 1893. Ia lalu dibawa ke rumah sakit dan esoknya meninggal dunia (17 Oktober).

Beritanya dimuat dalam Hindia Olanda (edisi 18 Oktober 1893), pada usia yang muda, sehingga menurut cerita, Pitung belum sempat berkeluarga.

Kisah Pitung adalah kisah jawara aliran silat Cingkrik Betawi. Konon, selain Cingkrik, Betawi juga masih memiliki sekitar 300 aliran silat. Namun data yang kini terdapat di PPS Putra Betawi dari ratusan aliran silat Betawi, kini hanya tersisa 50 aliran. Cingkrik adalah salah satu yang masih bertahan.

Permainan silat Cingkrik dikenal dengan cukup khas sebagai silat betawi pada umumnya. Perkembangan silat cingkrik ini pun telah membias ke pelosok-pelosok kampung Betawi, sehingga aliran ini memiliki banyak turunannya (aliran).

Salah satu turunan antara cingkrik dan Cimande adalah aliran Cingkrik Goning, yang merupakan silat Betawi warisan dari Engkong Goning yang merupakan pejuang kemerdekaan dari wilayah Kedoya.

Ilmunya kemudian diturunkan kepada Usup Utay, yang kemudian menurunkan kepada mantunya yaitu Tb Bambang. Silat Cingkrik secara umum terbagi dua, yaitu Cingkrik Goning dan Cingkrik Sinan. Perbedaannya ialah Cingkrik Sinan menggunakan “ilmu kontak” sementara Cingkrik Goning hanya mengandalkan kelincahan fisik. Cingkrik selalu berusaha untuk masuk dan mengunci lawan, jadi tidak banyak berlama-lama bertukar pukulan atau tendangan.

Cingkrik sangat mengandalkan kekuatan tenaga dalam. Salah satu aliran silat tertua di Betawi ini bernaung di bawah organisasi silat Persatuan Pencak Silat (PPS) Putra Betawi, organisasi yang didirikan pada tahun 1972.

Gagasan membentuk wadah bagi silat aliran betawi muncul dengan tujuan mempersatukan pesilat Betawi. Wadah ini menjadi semacam forum komunikasi bagi pesilat Betawi, agar dapat terus mempertahankan warisan budaya leluhur tersebut.

Menurut data dari Silat Indonesia.com, saat ini terdapat lebih 50 aliran atau perguruan silat yang bernapaskan silat Betawi, dan memang tidak semua aliran silat ini bisa dijangkau seketika. Harus ada proses sosialisasi dan pendekatan yang berkelanjutan, inipun beberapa silat yang bernaung dibawah Putra Betawi mulai menghilang dari Jakarta.

Proses penelusuran guna menghidupkan beberapa perguruan dilakukan melalui beberapa cara, antara lain Kejuaraan Internal Silat Betawi dan melalui Festival Silat Betawi. Tujuannya adalah untuk memantau perkembangan silat betawi agar tetap hidup walaupun tidak sepopuler pada masa lalu. (Ahmad Fahir)

Di Publikasi oleh : Koran Jurnal Nasional
Source : Yanweka / Silatindonesia.com

61 pemikiran pada “Betawi Punye Silat

  1. ANE MINTA ALAMATNYA PERGURUAN SILAT BETAWI YG ADA DIWILAYAH JAKARTA SELATAN DONG! ADA YG BISA NGASIH INFO NGGAK!
    SOALNYA ANE PENGEN BELAJAR LAGI NEH,
    DULU ANE PERNAH BELAJAR SILAT BETAWI DARI UWA ANE, TAPI SAMPE SKARANG ANE BELOM TAU NAMA PENCAK SILATNYA.

    N’ KALO BISA ANE PENGEN BELAJAR LAG NEH, BIAR NAMBAH WAWASAN.

    TERIMA KASIH ATAS INFONYA.

  2. Sebetulnya silat Betawi itu unik dan khas. Sebagai salah seorang pewaris, saya merasa ilmu silat ini jangan sampe dipake untuk mencari nama apalagi musuh. Tapi saya sedih melihat kelakuan anak muda di bawah saya yang suka mengklaim. Sebetulnya gurunya juga kaga suka dengan tingkah laku ni murid yang sombong dan berlebihan. Kata orang Betawi, kaga tau adat ama sopan santun. Tapi mau gimana lagi? Ane cuma mau liat suatu saat ini anak mude ketemu batunye. Amin.

  3. tolong kasih tau,dimana saya bisa belajar silat aliran betawi khususnya cingkrik atau sabeni?saya ingin memperkaya jurus silat yang saya miliki,coz saya punya cita-cita kalo suatu saat saya bisa mempersatukan indonesia dengan pengetahuan silat yang saya punya.maaf, kalo kedengaranya terlalu muluk-muluk,soalnya saya udah ga tahan banget ama kelakuan orang indonesia jaman sekarang yang udah ga bisa ngehargain warisan negara ini.mereka pikir bisa ngerti budaya orang laen itu modern,padahal orang yang ga tau jati dirinya dari mana dia berasal dan dilahirkan adalah orang yang kampungan.

  4. saya sangat senang dengan jurus silat. karena saya sudah terlambat untuk mempelajarinya, tetapi saya ingin anak saya saja. jadi kesulitan saya sekarang mencari perguruaan silat didaerah jakarta timur, sekitar wilayah klender. saya mohon bila ada informasi perguruan silat bisa di informasikan. terima kasih

  5. Bang Rinaldi ini ada alamat silat aliran Betawi di Klender, masih terhitung anggota PS Putra Betawi, insya Alloh masih aktif:

    PS CAKRA PB
    Jl. Mawar Merah VI Gg. VI/37 Perumnas Klender – Jakarta Timur

  6. Assalamulaikum..
    saya sekarang sedang menuntut ilmu Seni Silat Jawa Betawi di kawasang Mergong,alorstar Kedah. Jika sesiapa yang berada di kawasan ini bolehlah menelefon saya untuk bertanya tempat dan guru untuk mempelajari seni Silat Jawa Betawi. 0174707374 – Nik.

  7. Assalamualaikum Bang Nik,

    Wah,..Ane baru denger nih nyang namenye Seni Silat Jawa Betawi, romannye nyang kayak pegimane tu Bang…? Ntu name aliran ape perguruan?

    Tabe’…

    • Msh ada bg yg terusin ba kong atau kong ama atau mad jempol anaknya sndr bg abdulloh,telf aj k an 0813163333,sampai skr msh eksis. Baik d kuningan dekat rpi atau mentas dekat masjid bakrie

  8. sekarang ane deh begawe (34th) dulu diaderah ane jakarte pinggiran (ciledug) ada nyang ngajarin cingkrik ane sempet belajar tp kaga lama soale deh keburu males ma kegiatan, trus…ane blajar juga pukulan beksi. ko beksi mah mungkin masih ada atwe banyak nyang ngajarin contoh no di kreo cldg ada bang hasbullah..tapi klo cingkrik ane kagat tau deh masih ada ora soale jarang banget, nyang ngajarin ane waktu itu juga orangnya dah tue…….

  9. Asalamualaikum..
    Salam kenal…Ane mo tanya nih..bang, ade yg pernah belajar Gerak Rasa atau biasanya orang nyebutnya GR., yang ane maksud ni maenan beda ame Gerak Saka (yg jalan lima ntu..kalo ga salah) emang namanye mirip tapi beda jalannya yg ane tau…die punya jalan disebut jalan sepuluh..nih maenan dulunye banyak yg pake di daerah kampung rawa (senen)…kayaknye ni maenan udeh ga kedengeran lagi kabarnye…kira2 ada yg tau sejarahnye ni maenan ga..? trima kasih sebelumnye…
    Salam

  10. INFORMASI :
    ada perlombaan FESTIVAL PALANG PINTU IV yang memeperebutkan piala bergilir GUBERNUR DKI JAKARTA. yang diadakan pada tanggal 1-2 Agustus dik KEMANG.
    HADIAH :
    -Trophy Piala Bergilir
    -Uang Pembinaan
    -Sertifikat

    untuk informasi lebih lanjut:
    Hub:
    Sangar Manggar Kelape Kemang,
    -. Bang H.Edi (08179984536)
    -. Bang Uwo (08129171360)

  11. DATANG DAN SAKSIKAN PEMENTASAN SILAT BETAWIE TEMPO DOELOE. SILAT BETAWIE YANG HAMPIR PUNAH YANG AKAN DI TAMPILKAN OLEH JAWARA – JAWARA SE JABODETABEK. DI ACARA BETAWIE POENYA GAWE:

    FESTIVAL PALANG PINTU IV, KEMANG SABTU-MINGGU 1- 2 AGUSTUS 2009 DI KEMANG RAYA.

  12. BAGI REKAN-REKAN YANG INGIN TAMPIL UNTUK MENAMPILKAN SILATNYA DIDEPAN GUBERNUR DKI JAKARTA, SILAKAN HUBUNGI:
    SANGGAR MANGGAR KELAPE;
    -. Bang H.Edi (08179984536)
    -. Bang Uwo (08129171360)

  13. Salam Silat Indonesia.
    Salam kenal dari saya pecinta Silat Betawi. Saya Anggota Silat Golok Seliwa. Mungkin emang Golok Seliwa belom kesohor kaya silat lainnya. Tapi, Alhamdulillah berkat do’a para pecinta silat Indonesia, sekarang udah tambah banyak permuda yang pada ikut latihan.
    pengen sih Silat Golok Seliwa lebih maju lagi, do’ain ya …

  14. Untuk Fatih di Pamulang, gimana kalau Abang gabung ama Golok Seliwa. Kalau Abang pengen tau mainannya Abang lihat di Yue Tobe atau di sahabat Silat. Abang bisa hubungi saya :08161485373 atau datang langsung pada hari Sabtu pagi atau Minggu pagi di halaman Gedung LIPI jalan Gatot Subroto Jakarta. Dekat Kantor TELKOM atau dekat Museum Satria Mandala. Insya Allah Abang akan mencintai Silat Betawi. nantinyta Abang bisa kenal dengan berbagai Silat Betawi, karena tiap bulan kita ada diskusi. Dengan seluruh pecinta Silat tradisional.

    • tanggal 30 oktober besok ada acarA lenong road show dislipi palmerah lapanganrengas ade penampilan pencak silatnye kalo ente mao daftar telpn aje bang bahtiar ini no hp nye ..021 98953896…bilang aje dari tarman sabeni ISBAT…

  15. salam kenal…
    saya mahasiswa arsitektur..
    mau nanya nih…
    rumah para pendekar pencak silat kebanyakan di daerah mana ya kalau di jakarta ini???
    saya mau coba survey ke sana…
    mohon infonya ya…
    terimakasih….

    • kalo ente mao tao yang namanye jaware orang tukang berantem dimane ade maenan diparanin noh jamannye kong PI’I petojo orang2 pada segen,,maenanye gerak rasa tapi die orang betawi asli sekarang udah almarhum tinggal anak buagnye yang klotokan namenye babeh Nunung kalo ngomong aje masih celutakan sekarang die udeh pengen pegi haji kalo mao dateng keruimahnye tar habis bulan haji kire2 bulan november sekalian ade jumpa pers tuh..buat ngupas sejarah betawi…dateng aje alamatnye jalan yahya..rawa belong tanya aje dah rumahnye baeh NUNUNG insya Allah orang yang ada dipasar rawa belong pade tau…

      • bang boleh tau alamat lengkap dan contact person untuk latihan silat gerak rasa Haji Nunung?
        terima kasih sebelumnya

  16. Bang ane juga anak betawi tapi yach maklum dah betawi juga kaga ngerti-ngerti budaya betawi,Makanye ane mau donk belajar apa itu ilmu silatnye,budaye dan makanan betawi yang asli gitu,ape lagi name-name nye agak ribet.Kalau pikir-pikir ane lahir disini tapi nga tau gitu maklum ane dibilang anak jakarta bukan anak betawi….he..he..he.. Thank you for your attention,

  17. Assalamu’alaikum . Wr. Wb
    Ane pernah belajar main pukul sampai selesai nama Pencak silat ane ” Belambung Dunia ” ane enggak tahu apa itu silat betawi atawe bukan karena gerakannya kaya titiran. tolong informasinya

    Wassalam

  18. Assalamualikum ane dri kebon nanas jakarta timur, bgs2 jurus-jurus betawi dan alirannye…..maju terus silat indonesia khususnye silat betawi jangan hilang di telan zaman ye……ane dri PS. Cahaya Pusaka Putra Betawi Kebon Nanas Jakarta Timur bang…

  19. INFORMASI :
    ada perlombaan FESTIVAL PALANG PINTU V yang memeperebutkan piala bergilir GUBERNUR DKI JAKARTA. yang diadakan pada tanggal 10-11 juli 2010 dik KEMANG.
    HADIAH :
    -Trophy Piala Bergilir
    -Uang Pembinaan
    -Sertifikat

    untuk informasi lebih lanjut:
    Hub:
    Sangar Manggar Kelape Kemang,
    -. Bang H.Edi (08179984536)
    -. Bang Uwo (08129171360)

    ada karnaval budaya, kuliner betawi, samrah, tari betawi, atraksi silat, bazar,gambang kromong, barongsai,, dsb….

    jangan pe ga dateng yahhhhhh,,,,,

  20. saya dulu belajar kungfu, tapi ketika saYA LIHAT DI VIDEO SILAT GOLOK SELIWA BETAWI, SAya TETARIKI DAN ingin belajar dimana tempatnya aTAU SEKITAR CIPUTAT PAMULANG
    TERIMA KAsih

  21. Salam lekum …abg2 ane ne prnh bljar bek sie di daerah ane , di bgian brat jkta.. Jlasnye perbtasan jkta -tngrang…di daerah ane kbnykan aliran dri ceng ok krn emg tmpat lhirnye ceng ok …sbnrnye bek sie sndri ad bnyk pchan nye .msalnye ade broneng, lok be, tetek, gecek, ganden .janda brias, bandut, bendung pukul…itulah nma2 jurus dlam rangkuman bek sie …di tempat ane pemuda blajar msh kye jaman dulu , kagak bnyak org , msh ngumpet2 di dalem rumeh , ampe skrg msh banyak yg ngajar n blajar …..jd klo udeh dteng ke daerah ane , ente gk pusing cari2 tmpat , skli tanya psti di ksh tau …daerah ane nmenye dadap ….ente mnat dteng aje ……cuman klo bek sie ane bilangin aje berat jrang bnget nyang ampe lulus ..soalnye banyak nyang turun bero’ ntu masalahnye.

    • hehehe bise aje ente bang,,,,bukanye turun bero tapi…? Biji gede sebeleh…hahahaha kaga bang bejanda kali ane.kan pemanasan dulu!

  22. saya belajar silat betawi di Medan nama perguruannya Pencak Pusaka Jatinegara, guru saya pernah ke Jakarta thn 1955 katanya guru beliau beralamat di Jl. Surabaya Ujung dekat mesjid yang bernama Engkong Solihin Bahrim, mohon bantuan pembaca bagi yang mengetahui asal usul aliran silat saya. Di Medan perguruan silat Pencak Pusaka Jatinegara anggotanya hanya 50 orang, sekarang kami kehilangan obor untuk mengembangkan aliran silat Betawi karena di Medan tidak adalagi orang tua yang jadi panutan sebagai guru karena sudah dipanggil yang maha kuasa. mohon bantuan pembaca. Terima kasih.
    Edi Surya, alamat Jl. Pimpinan No. 55 Medan Hp. 081361411245

  23. Assalamu’alaikum, Abang2 sekalian mahon maaf ane mau tanya alamat perguruan silat betawi yang ada di wilayah Jatinegara, dimane ye ? ane mau belajar nih !

    • bang aye mau belajar silat betawi ne..
      aye tinggal di kaouk cengkareng
      kira kira yang paling deket dmana ye..
      terimakasih

  24. Ane anak Betawi Cililitan Kecil tepatnya di Pasar jambul ane lahir dan besar di situ, sekarang ane dari kecil pernah belajar silat di kampung terus di cawang tapi tidak berkembang, ane masuk PencakSilat Nusantara, ane ingin sekali mengmbangkan silat Betawi, sekarang ane mengajar pencak silat di Universitas Negeri Jakarta Fakultas Ilmu Keolahragaan, ane merasa terpanggil untuk mengembangkan silat Betawi, ane penya banyak kawan guru olahraga di sekolahj siap yang mau mengajarkan disekolah ane bisa fasilitasi, ane sebagai ketua umum guru olahraga Indonesia. Gimana ane bisa ketemun orang-orang yang mau kerjasama. Tks Nur ali, HP 0181310084826, 0818957400, fax. 8465832, alamat ane Di Kom AL Blok C4/17 Jatimakmur Pondik Gede.
    Mohon maaf jika ade keslahan tulis.

  25. Assalamu’alaikum..aye arie tinggal diduren sawit jakarta timur,mau tanye alamat silat betawi nyang ade di daerah tempat aye.aye pengen bngt belajar..mohon inponye

  26. Aye Pengen bngt belajar silat betawi,mohon info klo ada perguruan,beksi,cingkrik atau yg lainya didaerah duren sawit jakarta timur

  27. Assalamu’alaikum W.W
    Abang semua yg ngebaca setores tulisan ni,,,dibelahan jakarta selatan tepatnya di cipete ade juga pencak silat betawi, namanye jurus lipet…ngkali udeh pade tau… aye pengen juge ketemu ma pewaris2 pencak silat yang laennye…gimane caranye ny???mohon info ya bang….thx

  28. emang udach mestinya kita bekali diri…..ma pukulan….tapi klo di liat ya ampun..itu kmapung betawi di acak2 mulu…ma org laen……ada istlah “ente jual ane beli” lahh nunggu di galakin baru ngelawan…..mendingan “ane jual ente kudu beli’

  29. ANE ORANG PINDAHAN KELUAR KOTA ANE TERTARIK AME SILAT SABENI NIH TAPI CABANG DEKET HALIM ADA KAGE , MAF GITU AJE WASKUM WR WB .

  30. abang abang..ane tinggal di cikarang..pengen belajar silat betawi aliran apa saja,bisa di bantu ngak bang yg deket daerah cikarang berguru silat?mohon bantuannya abang abang

Tinggalkan komentar