Tempat Kenalan

Hi Sahabat
Kenalan Yuuuuk…, dengan pesilat dimanapun berada, jangan lupa isi datanya yang lengkap termasuk lokasi maupun perguruan yang kami ikuti saat ini.

Lam kenal yaa
Salam

Alhamdulillah Jaza Kallahu Khoiro

105 Responses to Tempat Kenalan

  1. Sindo mengatakan:

    Salam kenal buat semuanya, kami dari sahabatsilat.com ingin mengucapkan selamat atas blognya, thanks

  2. aby mengatakan:

    hi mu kenalan leh ga??????????
    sekalian numpang tanya,,,
    pelanggaran berat n pelanggaran ringan dalam kategori tanding.
    susah bnget euy nyarinya di google juga,,,
    bantuin ya….
    wassalam…

  3. Kenalan juga, yang termasuk pelanggaran berat yang saya tahu diantaranya memukul muka langsung bukan saat saling menyerang/dengan sengaja,menyerang kemaluan (dari leher keatas dan dari puser kebawah kalau niat sengaja mencederai itu pelanggaran berat) kalau pelanggaran ringan seperti keluar dari gelanggang, mengulur waktu, tidak berhenti saat wasit memberhentikan dll)

    • fidafa el fad mengatakan:

      pak, klo ngatasin grogi pas pertandingan gmn? susah bgt fokus ke lawan. klo dah grogi ntar lupa jurus…
      satu lagi, kalo jurus guntingan boleh sambil pegang bahu lawan gk?

  4. arief mengatakan:

    boleh tanya ga? sya lg ngambil skripsi tentang pencak silat. bisa ngasih rujukan gak tentang tendangan sabit memerlukan koordinasi mata-kaki.thanks

  5. MaZDa KadAKaWa mengatakan:

    Lam kenal rekan-rekan sejawat!…aye sih aslinye jakarta,cuman kbetulan lagi di mutasi ke daerah SANGATTA – KALIMANTAN TIMUR…

    Disini aye ikut maen pukulan juga nih,tapi versi banjar(BANJARMASIN)…emang sich di tempat aye latihan gak banyak orang tau,tapi perguruannya udah terdaftar koq d IPSI samarinda…nyang ngajarin KAE SANGGAR(Kae dalam bhs banjar artinya kakek ato engkong),skaligus nyang nyiptain aliran KILAN(Sekilan ato sejengkal,maksudnye jarak tempur kita sama lawan cuma sejengkal)…
    Untuk jurus andelannye JURUS TERKAM HARIMAU & JURUS TANGKAP MAUT.

    Alhamdulillah,aye udah selesai semua pelajarnye dlm waktu 8 bulan(maklum silat kampung,jd gk ad tingkatan & kurikulum kaya perguruan silat laennye)….

    Moga pendekar-pendekar silat indonesia terus maju & makin berkembang di dunia!….

  6. ilham mengatakan:

    Ass. salam kenal buat saudare2 yang masuk ke situs ini,,,ane anak kemanggisan pulo,,dikampung ane juga ada silat kampungnye,dan memang setau ane banyak banget yang punya silat dengan aliran yang berbeda2,,ada silat cingkrik sinan,cingkrik ki gering, gerak per. dan juga yang paling terkenal dikampung ane namanye silat stroom gubahannye H.SAPI,I Tamsir atawa nyang biasa disebut bang PI,I GOBET tapi sang guru sudah wafat tinggal nyang lestariin namanye Bang Yasin ama Bang Acad…dah gitu aje salam kenalnye

    • Syam mengatakan:

      yg ane denger dan ane liat ente belajar stroom masih pade blepotan , kan ente belajarnye ama bang IWAN. Kok name bang iwan g di cantumin . ente jangan lupe istilah pepatah kacang jangan lupe kulitnye . kgk baek melupakan org yg udah ngajarin ente2 pade . Dose ente!

      • ilhampulo mengatakan:

        hahaha…blepotan…ente aje nggak kenal ma ane,,,ente sombong syam…bang iwan dislipi// ini yg ane makud dikemanggisan,,,

  7. zhie mengatakan:

    ae….salam knal smua…

    mo nanya ne…

    pertandingan grand final sirkuit kapan yach????

    • Syam mengatakan:

      yg ane denger dan ane liat ente belajar stroom masih pade blepotan , kan ente belajarnye ama bang IWAN. Kok name bang iwan g di cantumin

      • JONO mengatakan:

        Syam, nama ente Syam atau Iwan sih?? masa orang ga pernah belajar sama ente disuruh ngaku2x belajar, ga mungkin murid lupa gurunya. banyak sih..orang2x ngaku2x guru..padahal cuma pamer silat doang 1 -2 hari. masa dibilang guru. Kalo yang namanya guru, harus mengajar kontinue dan sering hadir.
        Ente juga hrs ngaca, komentarin orang jangan asal bacot, emang ente udah jajal,,sampe orang dibilang masih belepotan.. biasenya yang ngomentar jelek,,, ga bisa ape2x.. iya ga..

        PIS AH

    • Syam mengatakan:

      yg ane denger dan ane liat ente belajar stroom masih pade blepotan , kan ente belajarnye ama bang IWAN. Kok name bang iwan g di cantumin . ente jangan lupe istilah pepatah kacang jangan lupe kulitnye . kgk baek melupakan org yg udah ngajarin ente2 pade . DOSE ENTE !

  8. wawan mengatakan:

    bubur sumsum masing utuh

    Asalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    Salam kenal dari saya, kecil dan gede di jalan haji raisan, sekitaran rawa belong, belajar beksi di bapak nawawi (Alm) kebayoran lama, perguruan nya namanya Purbakala, sekian dulu

    kalo jahil belajar, kalo alim mengajar, kalo sakit berobat, kalo jahat lekas tobat

  9. warsa mengatakan:

    Aslam….. WR WB

    Hai anak2 pencak silat indonesia…. Salam kenal dari kami [PPS CAHAYA HATI CIREBON]…

  10. oedjang adhyee mengatakan:

    assalamu’alaikum wr.wb………
    salam kenal uga oey……..
    em….buat tmnd” yang jam tandingnya udach banyak gtooo; bagi” tipsnya donks biara bisa nguasai tempo pertandingan….soalnya ku masih pemula belum banayak pengalaman……he he…

  11. heri s mengatakan:

    salam kenal saya ingin tau dimana? tempat latihan silat aliran rahmat atau sabeni. selain yang ada di TMII Email saya sudarmantod@yahoo.com

  12. si bellang mengatakan:

    aslamualaikum……………

    salam kenal dari aye……..
    aye bellang,aye dari SANGGAR KESENIAN BETAWI SEKILAP…….
    DI DAERAH GANDUL……

  13. mas gep mengatakan:

    Lam kenal semua, semoga silat indonesia tambah maju lagi……… (masgep, pstd.pancasila.solo) 085229242666

  14. topan mengatakan:

    Salam silat dari topan yang seorang pelatih silat di sebuah SMA swasta di kota Bandung pesanya jgn pernah berhenti menjaga & mengembangkan seni tradisi warisan nenek moyang kita….!

  15. handoko mengatakan:

    aq mau tanya perguruan yg ada di cikarang selatan, bekasi apa aja sih ?

  16. FIRMAN mengatakan:

    ass…ne firman…
    maaf syapapun yang baca comment ini minta tolong donk alamat wat nemuin silat ni dmana yah…soalnya kite pengen lestariin budaya silat betawi ini…
    sms ke 0857 1618 3680

  17. Bintang Ryuza Minato mengatakan:

    salam knal smua …..
    salam silat…

    sempatkan buka
    padjadjaranindonesia.blogspot.com
    ya????

  18. Bintang Ryuza Minato mengatakan:

    untuk pesilat bengkulu, saya mau tanya,, apa disana ada PPD PADJADJARAN INDONESIA?
    Kalo ada tolong kasih tau saya di email /fb : p4t_rick123@yahoo.com atau comen di padjadjaranindonesia.blogspot.com

  19. erwin arief mengatakan:

    salam kenal, untuk semua keluarga di seluruh Indonesia mari ikut sertakan putera – puteri kita untuk berlatih pencak silat tradisional karena ini salah satu cara untuk melestarikan beladiri tradisional asli dari indonesia. bravo beladiri tradisional Indonesia

  20. Purwo Noerhambijoko mengatakan:

    Assalamulaikum Wr. Wb

    Terimakasih sekarang GGBD sudah mempunyai blog ini sehingga saya dapat mengetahui kembali GGBD yang dulu pernah belajar ke Wa Horis di Bojong Mentent sekitar tahun 1990-an

    Salam kenal

    Wassalamulaikum Wr.WB

  21. aris santoso mengatakan:

    salam satu jiwa
    “wiro yudho wicaksono”
    salam sejahtera para pelestari budaya bangsa. senang rasanya masih banyak warga yang mecintai budaya sendiri,.
    saya dari perguruan PENCAK SILAT CEMPAKA PUTIH
    pusat di magetan JATIM

  22. wawan heriawan mengatakan:

    saya sangat prihatin dgn pencak silat kita ini….!!! apakah tidak ada kiat2 jitu untuk memperkenalkan ke para pemuda pemudi,,,, supaya mereka bangga akan budaya bangsa kita ini….!!! anak sma ada yg gak tau apa itu pencak silat….??? dimana padepokan silat indonesia…??? tapi kalo tae kwon do…. sangat mereka kenal…

  23. denny mengatakan:

    lam knal ane anak betawi manggarai selatan maen pukulan dijl.bedengdalm kec.tebet mangaarai selatan .ps.pusake dajkarte pipmpinan H.sanusi. mudah2xan membangkitkan semangat kebudayaan betawi yang ampir pasang surut ,bisa berkembang pesat .nyok kita maju bersame ……wasalam.

  24. zulkifli mengatakan:

    saya pngen bisa

  25. andre mengatakan:

    assalamualaikum…..

    salam kenal semua para kakak2 dan abang2 para pesilat
    saya pendatang baru ni di dunia pencak silat mohon bimbingan nya lah dan mohon bagi2 ilmunya yang sudah sering berlaga……

  26. santai mengatakan:

    ada yang tau alamt ULIN NAPEL ga

  27. toko film silat mengatakan:

    FILM SILAT TERBARU 2010

    Halo………
    Para penggemar film silat, korea, mandarin dan jepang………..
    silahkan kunjungi http://www.tokofilmsilat.co.cc

    atau hubungi kami SMS 085287626777

    Terima Kasih

  28. anggi mengatakan:

    iia kbrin saya iia ,sya pngn ngmbangin bkat sya..sya mohon bantuannya ..hub saya no .085697704087

  29. dodi mengatakan:

    sy bru mengenal sin lam ba.ingin brgabung tpi g tau hrus kmn…
    guru sy dulu blajar di pondok kopi,tpi skarang beliau pndah.
    mhon ptunjuk

  30. Hermansyah Jufri,SE mengatakan:

    salam kenal dan persaudaraan dari Persaudaraan Pencak silat Lebah Sakti Palembang bagi teman-teman pesilat yang mau sirahturahmi hubungi 087886887188-081311141474

  31. adjie mengatakan:

    bos ane pngen tau dong alamt ggbd ane tertarik silat gerak gulung tolng info ya thx

    adjie

    jakarta barat

  32. Tano mengatakan:

    Ass,
    salam silat indonesia
    teman-teman dan saudaraku dimana pun berada, saya cukup bangga ada teman2 yang mau perduli dengan pencak silat atau pukulan betawi, baik itu silat Sabeni dan Naga Ngerem aliran rahmat maupun yang tidak saya sebut satu persatu.
    saya adalah salah satu murid cing ramdani tahun 80 an,
    dan tolong teman2 kasih kabar bila ada kegiatan maupun pertemuaan untuk membahas perkembangan silat betawi,
    saya sekarang tinggal di kabupaten Bogor tepatnya Dramaga IPB

    • Akoer mengatakan:

      Assalamu’alaikum. Wah, Mas kebetulan nih, saya dari dulu ingin mempelajari silat ini, tapi tidak mendapatkan informasinya di Bogor. Saya juga tinggal di Bogor. Bgm berhubungan dengan Anda? Hp saya. 085733686016

  33. wawan mengatakan:

    bwt abang2 semua yg tau kalo ada info latihan silat betawi yang ada dibekasi tolong kasi info dong ane pengen gabung…makasi

  34. bang herul mengatakan:

    Assallamulaikum,,wr.wb
    lam kenalll semue Abang2 ane dr tanah condet
    yg minat mo belajar silat dateng aj ke condet Jakarta timur mudah2n ade manfaat nye wat semue yeee

  35. miswanto mengatakan:

    assalamualaikum,wr,wb
    salam kenal semua,
    q pengen blajar silat nic,
    klo tempat blajar di karawang dimana ya??

    balas y

  36. Ping-balik: Macam Beladiri Dunia | karateamurakediribersemi

  37. ronny mengatakan:

    mohon informasinya donk,,
    pencak silat yang ada di daerah jakarta timur di rawamangun,
    ada gak mas?????

  38. hidayat mengatakan:

    salam kenal kami dari sinlamba kota jambi

  39. hidayat mengatakan:

    salam kenal semua ikhwan sinlamba, kami dr sinlaba kota jambi

    • rachmad mengatakan:

      salam kenal kluarga silat di mana pun berada kami pancaksilat putra setia cabaang pontianak…senang baget ada nya…tempat saling kenallll……..sukses sllu buat ipsi indonesia ,,,jayaaa

    • Hidayat mengatakan:

      Nama kita sama, Hidayat saya ikhwan sinlamba perwakilan kota bandung belajar dari tahun 1990, Alhamdulillah sampai sekarang jadi banyak saudara di perguruan silat di Indonesia

  40. Lukman Hakim mengatakan:

    saya ingin skali bergabung dan mendalami silat betawi..mklum kakek saya keturunan betawi,tp gmn caranya nd alamatnya supaya saya bsa brgabung..thx

  41. arip hidayat mengatakan:

    salam kenal.
    saya arip, saya dari (pps_SMI) Tigaraksa_Tangerang-Banten.
    saya ingin bergabung dengan pesilat dari manapun, & bisa mengikuti latihan gabungan d sanggar.

  42. anjar wira mengatakan:

    hy slm kenal kmi dari perguruan silat panca bela banyuwangi jawa timur,
    berharp moga2 pencak silat indonesia lebih maju dan sukses
    disemua kejuara’an
    …………..
    wasalam

  43. tika mengatakan:

    halo salam kenal juga..
    ane ksini mau nyari info..rencananya ane mau nyari tempat buat belajar pencak silat di sekitar daerah mampang prapatan – jakarta selatan..
    ane tertarik banget buat belajar pencak silat..
    makasih bgt buat info nya

  44. Mubarok ReturnBank mengatakan:

    Ass….saya mau belajar cimandean,ada yg bisa bantu??? salam kenal…. 085310012372

  45. Eka Narulinta mengatakan:

    saya pengen ikut silat ada dmna yah ntempat dan lokasinya

  46. Eka Narulinta mengatakan:

    saaya pengen belajar silat klo anda izin kan saya hubungin saya kenope ini 02195603143

  47. ahdi naparin mengatakan:

    salam kenal sahabat silat saya ingin tanya diama saja tempat latihan silat yang ber aliran melayu ,jika ada mohon informasi dari teman2 ini kontak saya 0852 66011000 terima kasih sebelumnya

  48. nida rahmawati mengatakan:

    assalamu’alikum…

    saya mau mengadakan penelitian tentang pencak silat untuk anak usia dini,mohon bantuan dr tmn2 smua untuk berbagi referensi dan materi.
    jika ada mohon share via email nidarahmawati@gmail.com
    terima kasih

  49. Wisnu sugiantoro mengatakan:

    Asslmlkm wr,wb.
    Sya ingn bljr pencak silat, tp sy tnggl d daerah Cikarang, apkh ada padepokan atau tempat bljr pencak silat d daerah cikarang?
    Sy tnggl d cikarang lbih tpatny lg d pasir konci dkt mall lippo cikarang.
    Sy ingn bljr pencak silat, mka dri it sy ingn thu tmpat bljr pencak silat.
    Trimakasih
    wallkmslm wr,wb.

  50. Dinda mengatakan:

    Zlam knal y?

  51. Muhaimin mengatakan:

    Lam knl para shabt pendekar

  52. raden karyana mengatakan:

    Saya bangga dg cimande semoga lestari

  53. ugron mengatakan:

    maju kan selalu kebudayaan bangsa ,khusus nya ane dri perguruan silat langkah tiga (tilil maut),,

  54. ariel mengatakan:

    salam perguruan saya cs dari kalsel

  55. Aminudin Azis mengatakan:

    ada yg bisa kasih info gak alamat perguruan pencak silat yg ada di sangatta kutim ?

  56. umar mengatakan:

    salamkenal.saya mau tanya ma kalian diamana yaa alamat perguruan satria muda indonesia cabang denpasar?
    Waass umar

  57. bara mengatakan:

    Salam persaudaraan 1922

  58. Hy leh knlan nda? oh iya ka saya itu pencak silat padjadjaran kira2 antara pencak silat yg stu dn lainnya sm atau beda?

    • oh iya, antara pelanggaran berat dn ringan terkadang saya sulit untuk membedakannya dalam sparing (pertandingan) saya selalu bingung antara pelanggaran berat dn ringan. Maaf sblmnya mungkn bisa dijelaskn antara pelnggran berat dn ringn contohny ? Terima kasih

  59. woiii minta ajarin silat yg lebih caten lh

  60. Fitri Anita Dewi mengatakan:

    gimana sih caranya biar bisa ikutjadi atlit pencak silat??

    • Miftahul Fauzan mengatakan:

      klo mnurut saya sih, Fitri harus lebih giat latihan lagi dan jangan putus asa………tetap semangat dan jangan lupa berdoa kepada-NYA

      “Pesilat Satria Muda Indonesia”

  61. ilham mengatakan:

    walaikum sallam ^-^ … salam kenal juga yah semua dari
    PPSC ( perguruan pencak silat cimande )

  62. Miftahul Fauzan mengatakan:

    Salam kenal
    “Kami dari Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (Kendari) berharap pencak silat Indonesia semakin baik dan berprestasi di tingkat Internasional”

  63. Miftahul Fauzan mengatakan:

    Buat Bang Taslim Azis dari Perguruan Pencak Silat “Satria Muda Indonesia”, Kami berharap Beliau berkenang untuk datang ke Kendari melihat perkembangan perguruan pencak silat “satria Muda Indonesia”
    Kami berharap Bang Taslim bisa memotivasi kami agar dapat latihan dengan baik dan nantinya dapat berprestasi………….

    Salam pesilat Satria Muda Indonesia (Kendari)

  64. Miftahul Fauzan mengatakan:

    where are u come from???

  65. Ping-balik: как уничтожить переменную чтоб не было повторного добавления сообщения? - Страница 2

  66. lonewolf mengatakan:

    Salam, saya berada di Pontianak dan melalui post ini saya ingin berkenalan dengan para praktisi dan penikmat seni beladiri khususnya silat. hp saya 081210246676. mohon petunjuk dan pengalaman dari senior2 dari perguruan/aliran apapun (saya newbie) dalam seni pencak silat dan belum bergabung dengan aliran apapun (menyesal setelah lebih dari 20 th menjadi penikmat beladiri, saya baru mulai memahami esensi dari silat) sekali lagi, mohon petunjuk.terima kasih.

  67. bowo iman prakoso mengatakan:

    saya bowo mahasiswa sedang membuat tugas akhir jurusan saya broadcasting saya sedang ingin membuat program tv dokumenter seabagai syarat kelulusan saya…program saya bertema tentang warisan budaya dan sejarah . saya ingin memngakat silat karena silat adalah beladiri khas dr melayu yaitu Indonesia>>saya mohon informasinya dong org2 yang bisa jadi narasumber dan bisa di wawancari.saya mohon bantuan sekali…tolong balas ke email saya bowo.prakoso@yahoo.com atau sms ke no saya 081219144009 atau 94304350 nanti saya telepon balik kok..sekali lagi mohon bantuanya yah kawan2 pencak silat indonesia….

  68. bowo iman prakoso mengatakan:

    sebelumnya terima kasih banyak yah teman2 pencak silat indonesia…mohon cepet di hubungin juga yah..hehe

  69. M Fauzie Zakie Abbad mengatakan:

    Salam kenal,yang saya inginkan adalah belajar beladiri silat,saya dari kota cianjur,sangat tertarik sekali dengan silat yang full body contanc,di cianjur tidak ada,semoga saja ada yang memeri info dan ilmu tersebut.

  70. fath mengatakan:

    Aassalamu’alaikum
    lam kenal smuanya… ane dari betawi… kalomao sekedar curhat soal silat betawi.. boleh2 aja..kirim ke fathulloh777@yahoo.com .semoga silaturahim kita makin menguat. Wassalam

  71. BAHAIQRAM (JAI) mengatakan:

    ASSALAMMUALAIKUM,
    SALAM KENAL DARI MALAYSIA…
    saya adalah pengamal “seni silat cekak pusaka ustaz hanafi”
    saya sudah di peringkat TAMAT
    kepada yg tidak tau boleh check from youtube.com …
    saya cuma mau kenalan pesilat2 indonesia… =) … add me on fb

    facebook: BAHAIQRAM STREETMAGIC (punya 3 akun)
    page: BAHAIQRAM STREETMAGIC SABAH

  72. rayyan mengatakan:

    assalam….mau tanya,gmn cara membuat perguruan baru?

  73. dirman mengatakan:

    saya boleh tidak belajar pencak silat di sana alamatnya di mana

  74. PS. TTKDH mengatakan:

    Perguruan Silat
    Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir

    Jadwal Latihan
    Hari: Senin & Kamis
    Pukul: 20.00 – 22.00 WIB
    Pelatih: H.Sugito
    Lokasi: Jln. Wirabakti F-3; Komp. TNI-AU, Waringin Permai.
    Jatiwaringin (samping PIZZA HUT), Jakarta Timur 13620

    situs: http://www.silattjimande.com/
    fb: https://www.facebook.com/ps.ttkdh
    peta lokasi: http://goo.gl/maps/Mnp4L

  75. Madi Forte mengatakan:

    Salam kenalan.

    Pencak Silat Cimande.
    Paguron Anked Putra Cimande – di neglasari kota tangerang.

  76. wilson mengatakan:

    salam kenal.
    pencak silatnya di mana ya?
    hihihi

  77. http://pooli.org/ mengatakan:

    When someone writes an post he/she maintains the image of a user in his/her
    mind that how a user can be aware of it. Therefore that’s why this paragraph is outstdanding. Thanks!

  78. said mengatakan:

    assalamualaikum.di jaman sekarang. Yg bener2 menguasai silat dia Ga bakal di liatain orang lain,Dan yg bener2 menguasai silat 1 jurus udah bikin orang tepar,,karna silat nya sangat licik,tapi Ga negatip,walo licik juga,ciri2 orang yg bner2 mengusai silat itu orang nya kecil,culun,

  79. zi mengatakan:

    pedepokan cimande di kota bekasi di daerah mna ya

  80. fidafa el fad mengatakan:

    salam kenal… aku fidafa dri jogja. seneng bgt bsa brgabung. disini ada atlet nasional yg msih aktif?? pgen belajar gmn cara ngatasin gerogi pas tanding? klo dah grogi smua jurus kyak lupa smua. sarannya ya….
    contac: dafa4young.blogspot.com

  81. adix ridwansyah mengatakan:

    dari dulu saya pengen masuk pencak silat dan saya pengen bergabung sama teman – teman saya yg ada di peguruan silat? saya bekata jujur pengen masuk ke perguruan silat

  82. maulana mengatakan:

    kenalan gan.mau tanya gan kalau perguruan cimande dan beksi di palembang ada nggak ya?

  83. Anakdugem321 mengatakan:

    kk dimana tempat kalo mau beli senjata karambit di palembang?

  84. yoedi heryanto mengatakan:

    salam perkenalan
    mari kita lestarikan budaya asli indonesia yaitu pencak silat jangan mau kalah sama orang luar negri yang ingin belajar pencak silat mari kita sebagai warga NKRI lestarikan budaya leluhur .
    walaikumsalam wr.wb
    Keluarga Besar Padjadjaran Cimande cibinong
    085288338954

  85. aulia mengatakan:

    salam, saya mau belajar pencak silat, kira2 ada ga ya tempat latihan pencak silat di daerah cibubur atau cilengsi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: