Dari Kerak Telor Sampai Pencak Silat, Begini Serunya Festival Condet

Festival Condet merupakan rangkaian acara Lebaran Betawi. Perayaan ini akan digelar selama 2 hari, yakni pada 29-30 Juli 2017. Ada 500 stan makanan hingga fashion dan 5 panggung hiburan yang berdiri di sepanjang 2 kilometer Jalan Condet.

Warga Condet tak mau ketinggalan memeriahkan acara lebaran Betawi. Mereka menggelar acara Festival Condet di jalan raya Condet sepanjang 2 kilometer dari gang Bulu, sampai gang Gardu.

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Festival Condet menarik untuk dikunjungi. Berbagai jajan khas Betawi, pakaian khas Betawi sampai senjata tradisional bisa ditemui di Festival Condet.

Detikcom mengunjungi festival Condet saat Pukul 11.00 WIB. Warga sudah disambut dengan dua patung ondel-ondel sebagai ikon Betawi di depan gerbang Gang Bulu.

Bagi pengendara sepeda motor dikenakan biaya sebesar lima ribu rupiah untuk parkir. Di Festival Condet jajanan khas Betawi kerak telor dapat dengan mudah ditemui dengan harga 18 ribu rupiah sampai 25 ribu rupiah.

Jangan khawatir dengan panasnya sinar matahari, karena selain kerak telor, minuman khas Betawi dari mulai Bir pletok sampai es selendang mayang bisa dijadikan pelepas dahaga saat haus menyusuri stand kios sepanjang 2 kilometer.

Selain itu bagi warga yang ingin membeli aneka pernak pernik khas Betawi, Seperti Peci Merah, dan pakaian adat Betawi juga ada di Festival Condet. Baim selaku penjual pakaian khas Betawi mengakui Peci merupakan aksesoris favorit warga yang paling banyak dicari.

“Paling laku Peci, ini udah laku sampai 4 biasanya penutupan rame,” kata Baim saat ditemui detikcom di Festival Condet, Jalan Raya Condet, Jakarta Timur, Minggu (30/7/2017).

Baim juga menjual baju adat Betawi. Untuk anak-anak dia menjual seharga Rp 140 ribu dan untuk orang dewasa sampai Rp 170 ribu.

“Kalau lagi rame kaya gini 2-3 juta, tapi kalau penutupan targetnya sih sampai 5 juta,” kata Baim.

Sementara itu ada pula Haji Ibrahim. Dia menjual senjata khas Betawi, dari mulai golok yang biasa untuk dijadikan perkakas sehari-hari, sampai golok untuk senjata tradisional. Golok tradisional dijual mulai Rp 100 ribu.

“Kalau yang buat senjata tradisional ada ini namanya golok Ciomas mulai dari 400 ribu sampai 1,2 juta,” kata Ibrahim.

Itu beberapa alternatif pilihan bagi warga yang ingin membeli aksesoris khas Betawi. Namun bagi warga yang hanya sekadar jalan-jalan dan tidak ingin berbelanja, ada 5 panggung hiburan yang siap menghibur anda sekeluarga. Dalam panggung tersebut ada pentas pencak silat dan penampilan marawis.

Festival ini dibuka sejak kemarin Sabtu (29/7). Wakil gubernur terpilih Sandiaga Uno sempat menyambangi Festival Condet ini.
(fjp/fjp)

https://news.detik.com/berita/3579470/dari-kerak-telor-sampai-pencak-silat-begini-serunya-festival-condet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s