Gerak Gulung, Silat Tua yang tetap terjaga

Dari ratusan aliran silat di Nusantara tidak semuanya muncul kepermukaan, bahkan hingga kini masih sebagian kecil yang bisa terungkap dan membuka diri, salah satunya silat Gerak Gulung Budi Daya ( Gerak Gulung) yang berusaha memperkenalkan diri melalui kegiatan Workshop dan diskusi yang di selenggarakan oleh Komunitas Silat Indonesia dan Sahabat Silat pada Sabtu 20 Desember 2008 di Teater Utan Kayu Jakarta Timur.

Tepat Jam 9.30 wib Workshop di mulai dengan sambutan dari penitia dan sesepuh Komunitas yaitu Bapak Bambang Sarkoro dan Bapak Eddy M Nalapraya yang menyempatkan diri Hadir. “Saya hadir jauh-jauh dari Cipayung karena saya masih perduli dengan pencak silat tradisional”, kata Eddy M Nalapraya memulai sambutannya, Ia pun berpesan untuk menjaga silat tradisional ini tetap di jaga kelestariannya.

“Biasanya kami mengadakan kegiatan seperti ini di Pedepokan Nasional Pencak Silat TMII Jakarta, kali ini kita coba di tempat lain yang lebih mudah di jaungkau oleh banyak orang yaitu di pusat kota”, ujar Bambang Sarkoro dalam sambutannya di hadapan 40 orang.peserta Workshop. “Apalagi ini kegiatan perdana komunitas sahabat silat,karena selama 2 tahun lalu kegiatan ini bernama “Diskusi Bulanan”, Kata Bapak Bambang menambahkan.

Workshop Silat Gerak Gulung Kali ini mengambil Tema “Mengungkap Tabir beladiri Kerajaan Sunda Padjadjaran”, di hadiri pula oleh sesepuh aliran silat ini seperti Bapak Awang, Bapak R. Oto dan rekan-rekan lainnya yang khusus datang dari Ciomas Bogor Jawa Barat. Silat gerak Gulung kali ini memperagakan beberapa jurus dasar seperti selancar dan beberapa aplikasi demo yang cukup memukau peserta yang hadir, dari sesi Tanya jawab pun perserta di persilahkan bertanya tentang silat ini baik sejarah, teknik dan lainnya.

Salah satu pertanyaan yang cukup menarik dari peserta adalah, silat yang kita kenal ini tertutup ternyata silat gerak gulung pada tahun 1980an sudah dipelajari oleh orang-orang Mancanegara yang datang khusus untuk mengenal faham / teknik langkah golok.

Menurut Kang Awang “keterbukaan gerak gulung kepada masyarakat luas karena aliran silat ini memang harus di perkenalkan kepada anak muda khususnya dan umumnya bangsa Indonesia, karena Budaya permainan gerak gulung akan sangat positif bagi generasi muda untuk olahraga dan beladiri, Ujar Kang Awang dalam menjawab beberapa pertanyaan dalam sesi Tanya jawab.

Setelah sesi Tanya jawab, Demo jurus dan Teknik praktis di lanjutkan dengan acara makan siang bersama, Suasana semakin akrab karena hujan rintik-rintik memberikan warna tersendiri pada acara kali ini. Apalagi menurut beberapa kawan yang mencoba masakan yang dihidangkan menurut mereka makanannya enak banget.

Setalah Sholat Zhuhur, acara dilanjutkan dengan Workshop jurus gerak Gulung, di ikuti oleh 20 orang lebih peserta dan di awasi oleh Akang dari Gerak Gulung. Menurut Maulana salah satu peserta workshop mengatakan, “Jurus Selancar kelihatannya mudah tapi teryata susah juga ya” kata Maulana sambil tertawa.

Sementara itu Alda M. Amta dan Eko Hadi serta kawan-kawan panitia lainnya berujar bahwa “ Mungkin acara seperti ini harus Rutin, bagaimana kita memperkenalkan silat tradisional maupun silat lainnya kepada masyarakat luas, apalagi selama ini masyarakat masih belum berubah dalam hal menanggapi image silat yang tetap pada posisi kurang menyenangkan, padahal kita sudah membuktikan bahwa silat pun sangatlah menarik untuk di pelajari, dan semoga saja dikit demi sedikit masyarakat mengetahui silat tradisionalpun tidak kalah bagusnya dengan beladiri Impor sekalipun.”

Segenap panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, keluarga besar GGBD dan juga para panitia lainnya yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini, dan mohon maaf bila banyak kekurangan disana-sini. Dan mohon dukungan anda semua agar kegiatan ini tetap terus berjalan. (Tim Liputan SilatIndonesia)

Thanks To :

  • Rasa Syukur kepada Allah SWT
  • Members Milis, forum Sahabatsilat.com
  • Peserta Workshop
  • Keluarga Besar GGBD
  • Panitia
  • Bapak Edy M Nalapraya
  • Tim Liputan ( Astro Awani, RCTI, SCTV)
  • Dan semua pihak yang telah mensukseskan acara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s