[Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama

Mungkin satu-satunya organisasi terbesar saat ini adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Organisasi ini memiliki perwakilan hingga lebih dari 33 daerah di Indonesia. IPSI mewadahi pula organisasi tingkat perguruan baik yang kecil, menengah hingga yang besar, wajarlah IPSI adalah satu-satunya organisasi yang sangat penting bagi perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Maju dan mundurnya pencak silat ternyata juga di pengaruhi oleh factor SDM atau sumber daya manusianya, baik dalam perguruan hingga kepengurusan organisasi IPSI daerah hingga tingkat Pusat. Hal ini sangat perlu membangun kualitas SDM di segala bidang yang nyatanya memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Lalu bagaimana dengan Komunitas Pencak Silat Online yang dibangun melalui jaringan internet, komunitas ini memang belum memberikan karya nyata yang banyak, akan tetapi riak-riak kegiatannya sudahlah sedikit banyak memberikan gambaran terhadap komunitas ini.

Dari manakan orang-orang komunitas ini datang, begitulah pertanyaan yang amat simple namun cukup mengelitik kita semua. Bila kita telusuri banyak sekali pesilat yang ternyata aktif pula di dunia maya, mereka berasal dari beragam latar belakang baik dari pencak silat, peneliti, mantan atlit, pengusaha, hingga mahasiswa.

Andikan kekutan ini di fokuskan dalam misi mengembangkan pencak silat melalui media online, maka hasilnya pasti akan luar biasa, hal ini sdh terlihat dari kegiatan yang pernah dilakukan. Dan bukan isapan jempol bila kelak komunitas ini dapat maju membangun pencak silat.

Dari lahirnya komunitas ini setidaknya IPSI sebagai salah satu dan satu-satunya organisasi tersebesar saat ini, seharunya dapat mengayomi mereka, membimbing mereka dan janganlah komunitas ini di posisikan sebagai versus ( pesaing) karena jelas komunitas ini bukalah sebagai pesaing IPSI, malah kalau mau bisa dikatakan bahwa komunitas ini mendukung kegiatan yang dilakukan IPSI khususnya dalam mengembangkan dan memasyarakatkan pencak silat sebagai salah satu olahraga yang memiliki citra rasa tinggi dan patut di cintai.

Bukan lantaran komunitas ini tidak memiliki permasalah, permasalahan yang ada adalah Sumber Daya Manusialah yang menyebabkan permasalahan yang sama, bedanya adalah kalau di Komunitas setiap anggota haruslah orang-orang yang memiliki kepedulian, kecintaan, keiklasan, yang harus tinggi, karena semua yang dilakukan di sana tidak menuntut bayaran atau penghargaan apapun. Karena itulah semangat sebagai anggota komunitas pencak silat.

Bila kami telaah lebih jauh, memang masih banyak dan mungkin paling banyak adalah pesilat – pesilat yang berasal dari perguruan-perguruan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perguruannya, dan menyebabkan merekapun berfikir bahwa bergabung dengan salah satu komunitas pencak silat artinya ia telah menghianati perguruannya, Waw, begitukah!!!

Perlu sekali dijelaskan bahwa Komunitas pencak silat Online bukanlah perguruan, disini dibutuhkan orang-orang yang peduli dengan pencak silat secara umum, jadi bukanlah berfikiran samata-mata kerana perguruannya. Mereka harus mampu bergual satu sama lain dengan terbuka dan mampu beradaptasi dengan mudah, hal inilah yang kadang masih sulit diberlakukan oleh sebagian pesilat yang gila sama perguruannya, seolah-olah bila ikut kegiatan lain ia menjadi anak durhaka, seperti inikah dunia pencak silat Indonesia. Padahal kita semestinya boleh mencintai perguruan kita, namun rasa kecintaan terhadap perguruan ini pun akan tercermin dari bagaimana sikap seorang pesilat mencintai pencak silat itu sendiri.

Dan kinilah saatnya pesilat Indonesia khususnya membuka mata dan wawasannya, bahwa tenaga2 anda tidak hanya dibutuhkan oleh perguruan anda semata, tapi juga oleh dunia pencak silat, siapapun yang berani bergabung dengan komunitas pencak silat dan mampu bekerjasama membangun pencak silat, dialah pesilat sejati, karena saat ini kita butuh pesilat yang memiliki kualitas yang baik dan bermutu tinggi, dan guru-guru kita jaman dahulu seperti Raden Ibrahim ( pendiri aliran cikalong) pasti bangga melihat pesilat yang memiliki wawasan yang luas, karena menjadi sakti saja tidaklah cukup. ( Yanweka)

About these ads

Satu gagasan untuk “[Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s