SIN LAM BA

Minggu, 11 Februari 2007

Muka Dua dari Kebon Baru. Golok di tangan kanannya membacok ke samping. Secepat kilat golok itu sudah berpindah ke tangan kiri. Kali ini tangannya menusuk ke depan. Dan, lagi-lagi, golok itu sudah berpindah tangan. Tak terlihat mata. “Ini jurus namanye Muka Dua,” kata Haji Abdul Rauf, ahli waris Sin Lam Ba, setelah memperagakan jurus tersebut. Sin Lam Ba? Ya, aliran bela diri terkenal itu ternyata mengajarkan jurus golok.

Haji Toha bin Si’ing (1882-1972) adalah orang yang pertama membawa aliran silat ini ke Jakarta. Toha muda mendapat ilmunya dari Haji Odo di Karawang, yang dipercaya merupakan murid dari Syekh Abdul Karim, tokoh sufi terkenal yang mengembangkan tarekat Qadiriyah di Banten pada akhir abad ke-19.

Bertahun-tahun nyantri di pesantren gurunya, Toha hanya belajar agama dan menjadi penjaga masjid. Ketika hendak pamit, barulah Haji Odo mengizinkan dia mengambil salah satu kitab lontar yang ada di masjid. Kitab yangg dipilihnya berjudul Ilmu yang Bekerja Jika Dizalimi Orang Lain.
Toha, yang opsir polisi itu, lantas mewarisi ilmunya kepada putra-putranya, antara lain H Mugeni, H Sarbini, H Harun, dan H Rauf. “Kakak saya, H Harun Ahmad (1914-2003), kemudian mendirikan wadah perguruan yang diberi nama Sin Lam Ba,” kata Cang Rauf.

Sin Lam Ba yang berdiri pada 1971 itu semula diajarkan di Menteng Dalam, Menteng Pulo, Senen, Tebet, Kebon Baru, Cawang, dan Cipayung. Tapi kemudian berkembang ke seluruh Jakarta dan bahkan provinsi-provinsi lainnya.

Nama Sin Lam Ba yang asalnya dari tiga huruf aksara Arab itu ternyata singkatan dari sa’dah (kebahagiaan), latifah (kelembutan), dan barokah (keberkahan). Maknanya, murid-murid perguruan harus bersikap lemah lembut dan sabar untuk bisa mencapai kebahagiaan dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

“Terkadang ada juga yang memaknainya sahabat lahir batin, yang bermakna setiap murid harus mengembangkan sikap persahabatan terhadap sesama muslim,” ujar Adi “Gepeng” Sofyan, murid Cang Rauf yang mengembangkan Sin Lam Ba di Bekasi.
Ciri khas perguruan ini adalah kombinasi jurus silat, pernapasan, dan amalan doa, yang menghasilkan tenaga dalam yang dapat menjatuhkan lawan dari jauh.

“Dulu ilmu ini sering disebut ilmu kontak karena lawan jatuh tanpa disentuh,” kata Gepeng. Selain itu, aliran ini masih memiliki beberapa ilmu silat yang unik, salah satunya adalah jurus Muka Dua yang memiliki karakter gerak sama dan seimbang untuk dua tangan. Dengan memindahkan senjata dari tangan ke tangan, “Bisa mencegah senjata kita direbut lawan,” kata Cang Rauf. AMAL IHSAN – Tempo

About these ads

61 gagasan untuk “SIN LAM BA

  1. sin lam ba bekasi kaya` nye udeh kage aktip lagi semenjak alm. pa sobari ( ubai ) meninggal. tolongin dong baagaimane caranye biar bisa aktip lagi ,kangen nich ane sama teman2 udeh lame kg ktmu….

    • Ane dr sinlamba bekasi perawat’y ust.dzulfikri(anak dri alm.R.ahmad sobari/bang ubai)sekrng lg pakum sementara krn ada renopasi rumah alm.R.AHMAD SOBARI..akan di buka lg nunggu kbr dr ust dzul

  2. ah Sin Lam Ba almamaterku.. 13 thn sudah saya nggak mengikuti latihannya,di Bandung masih ada latihan nggak yah sekarang?
    Pak Wahyudin, Mas Yudhi, mas Ari, mas Nur, Dion..yah aku masih ingat semua.salam dan semoga sehat-sehat selalu…

  3. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Apakah “SIN LAM BA” ini punya cabang di surabaya, klo ada bolehkah saya tau alamat cabang “sin lam ba” di surabaya dan siapa kontak personnya?serta berapakah biaya pendaftaran untuk ikut “sin lam ba” dan berapa iuran perbulannya?terima kasih.wassalam.

  4. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Apakah perguruan silat SIN LAM BA punya cabang di daerah Batam ? mohon infonya. tks.

    wassalam.

    • Ass. Alie, betul saya, cak Nur, mas Yudi sdh lama meninggalkan Bandung tapi alhamdulillah pak Wahyudin & pak Nana msh aktif sampai sekrg.

  5. Mas Alie, salam kenal juga neh mas.
    Kalo mas Yudi, Cak Nur, Mas Dion, Mas Ari saya ga pernah ketemu dan ga pernah kenal tuh!
    Mungkin beliau-beliau itu anggota yang lama kali mas. Anggota 13 tahun yang lalu, sekarang sudah berganti generasi.
    Kapan pulang ke Indonesia nih Mas? Nanti kita latihan bareng di Bandung.

    Roni : ronis_2087@yahoo.co.id

  6. Waduh cerita asal mula Sin Lam Ba kok banyak banget ya.
    Menurut cerita lagi dari yang ngasih aku keilmuan ini bercerita begini
    Pada jaman dahulu (nama orang tersebut nggak disebutkan) dia itu orang sangat terlecehkan di daerahnya terus dia pergi dari daerahnya tersebut dan dia mengembara entah kemana, waktu dia jalan dia ketemu sebuah gubuk yang mana ada seorang berjubah putih dan orang tersebut menghentikan langkahnya, terus orang yang berada di rumah tersebut menebak masalah yang ia hadapi dengan keheranan kok tahu semua yang ia alami terus dia di suruh pulang dan di kasih bekal cuma gerakan jurus aja. Dan akhirnya dia pulang ke daerahnya lagi sesampainya di kampung halamanya ada keributan ada seorang yang bawa golok terus dia coba melerai tambah mau di golok ingat ajaran jurus tersebut dia praktekan, akhirnya yang bawa golok tersebut terpental jauh. dan dapat dikalahkan. terus ditanya dari mana ilmu tersebut kamu dapat, ia jawab dari orang nggak tahu pokoknya pakai jubah putih-putih akhirnya dia di suruhlagi untuk menimba ilmu dari orang tersebut

    • waah saudaraku….itu baru denger tuh cerita …namun Insya Allah cerita diatas ada byak kebenaran walau ada yg perlu direvisi bhwa Pa Toha bin Sieng bukan mewarisi ke anak2nya tapi ke kakak ipar & adik ipar, dan ga semua Haji …pa Mugeni Achmad (alm) kaka ipar 1 dan pa Sarbini Achmad (alm) kaka ipar 2. Sedangkan H. Harun Achmad (alm) & H. Abdul Rauf Achmad adlah adikm iparnya. Alm. H. Harun kaka kandung H. Abdul Rauf……Dan seblum bernama Sa’adah Latifah Barokah, bernama Saudara (bukan sahabat) Lahir Batin …..bgt kira2 saudaraku

  7. ASSALAMMU’ALAIKUM..
    GIMANE KABARNYE SODARE-SODARE SIN LAM BA
    Mo nitip salam aje ama nyang masih eksis n nyang ude nggak eksis di sin lam ba
    oke deh…
    nanti kalo ade silahturahmi akbar P.S Sin Lam Ba, ajak-ajak kite di 44 ye..

    • ga pa pa putri, biar kamu inget terus dgn sin lam ba ….tapi itung2 promosi tuk kamu tuh …kalai aja ada yg ngajak maen sinetron atw iklan gtuw …..kwkwkw ….oh yah btw…dah ga kepengen punya TD putri…?mohon maap yah abang, pengennya kmu sblum kuliah wktu itu cuma kputusan ada di bang dedi, trus km jga ga terang2n seh mintanya kew abang Anto …..tapi selama mash ada kontak seh…silahkan aja putri dtang ke 44 bilang ma bang Dedi dgn serius yah ngomongnya……kan bang dedi bgtuw biasa, bercandain dulu ….itu salah satu bagian pnegetesan sebrapa besar keinginan dari calon yg kpengen ambil dalam..bgtuw kiraa..put ..put

  8. Assalamu’alikum,
    Salam kenal buat para ikhwan SinLamBa
    ane mo nyambung silaturahmi aja neh, kebetulan ane ikut di
    SinLamBa Daerah BEKASI dengan Pembina Bang Didi/Widi alias Singo Prawiro,
    moga-moga aja bisa lebih kenal lagi dengan Ikwan di tempat lain. Sukur-sukur bisa pada mampir.
    alamatnya Kav.Barokah Ujung Harapan RT.008/14A Kel.Bahagia – Babelan.
    untuk email bisa ke ps.segoro@gmail.com

    wassalam.

      • Alhamdulillah Sehat wal A’fiat sekarang bang singo sudah dengan perguruan dari leluhurnya ‘Padepokan Segoro Macan Putih’ sekaranga memasuki tahun ke 4, sementara SINLAMBA beserta atributnya sudah diserahkan kepada anaknya Bang Obay, yaitu Bang Jul – adik dari bang Ardi anak-anaknya bang Obay. saat ini SINLAMBA daerah bekasi sudah berpindah ke sana.

    • Latihan dulu di Jakarta ….digembleng dgn privat …nanti setelah diklat dibekali VCD jurus ……. siapkan aja fisik dan materi (biaya diklatnya), besarnya dpt dibicarakan kemudian atw dinegosiasikan …..tergantung brapa lama diklatnya ..
      termakash.

    • ceritain aja barang kali ceritanya lebih seru sejarahnya , ga usah takut ga percaya name nye aje sejarah , barang kali aje same ame aye ceritenye…

    • Adanya di Lemah Abang, letaknya di belakang pasar Lemah Abang (dekat stasiun) tanya aja ma anak2 muda/ org2 tua disana, PS. Sin Lam Ba atw rumahnya bapak Anjangsana (yg kumisnya tebal)

    • Di daerah Ciputata ga ada, namun ada di Pamulang Barat, Insya Allah habis lebaran ini akan di aktifkan kembali krn sempat vakum bebrapa tahun …..kalau di daerah Pondok Cabe juga ada, di Jalan kemiri (depan UT) …nama perawatnya bapak Suyatno, rmhnya persis samping kampus STIP Sahid-

  9. Assalamu’alaikum WrWb..
    Salam buat Sahabat2 n Sodara2 Sin Lam Ba di Banten, Jakarta, Bandung n Sumedang..
    Ane di Jogja kangen semuanya..
    Khusushon: ‘pak Abang’ di Sumedang..

    -Kaka Kusumah “Said al Qutub”-
    di Jogja

    • Siapa tuh ….?tahu dari nama ente sin lam ba alm. pa Achmad Sobari murni ….???Alm. sblum masuk Sin Lam Ba jg byak ilmu2 yg lain dan ane mmbuktikan bhwa apa2 yg diajarkan alm. ada yg bukan ajarannya Sin Lam Ba, namun masih bisa diterima selama tdk menyimpang dari aqidah. Alm Achmad Sobari muridnya alm. H. harun Achmad. PS. Sin Lam Ba dulu namanya Saudara Lahir Batin msh byk yg pake amalan dari pa Toha bin Sieng yg kurang Islami (tercampur dgn do’a dgn bhs lokal) dan diperhalus oleh alm. H. Harun Achmad dgn sa’adah latifah barokah dan amalan yg dulu bayak yg dibuang dan diganti dgn do’a yg Islami (sumber jelas dari Al Qur’an, baik nama surat dan arti dlm bhs Indonesia) dan menrutt generasi murid2 pa Toha (saudara lahir batin) dia yg murni, namun bagi murid2 alm. H. Harun Achmad hingga murid generasi skrang termasuk ane, itu yg sangat murni krn sesuai dgn harapan ulama2 waktu itu, Insya Allah sesuai dgn syareat Islam….

      Demikian termaksh

      • Asalamualaikum
        ane Riza cucu dr H.Sayuti slh satu murid Bp.Toha Bin Sieng
        slalm kenal buat sodare2 yg msh aktif di Sin Lam Ba

  10. Saya thn 1985-1998 pernah jadi murid sin lam ba cilandak bahkan menjadi guru silatnya….saya mau tahu masih ada gak ya di cilandak. saya pengen ikut lag wala sia sudah 42 tahun…

  11. Sudah Bubaaarr………! ! ! tapi jejaknya ada di daerah Bintaro sektor IV di sebuah Masjid di komplek perumahan real estate……..ente cari aja sendiri …..dsana ada H. Robimin dan yg laen … namun ente hrus tahu bhwa guru ente alm. pa Ibrahim adalh murid kesayangan alm. H. Harun tapi jadi murid yg membangkang alias bandel dan mbalelo namun tdk mau lepaskan nama Sin Lam Ba dan tdk mau tunduk dgn Pengurus Pusat ………..

  12. assalamualaikum,….
    sin lam ba kan udah banyak nyebar d seluruh indonesia,…
    kapan2 reunian ke satu perguruan,…

    saya gesqi asal padang..

  13. assalammualaikum,maaf ye…ada kaga sin lam ba di daerah lemah abang,cikarang utara bekasi jawa barat.klo ada minta no hp dong…mau ikut….klo ada kasih taau di fb nieko arifin y…saya tunggu..terima kasih

  14. assalamualaikum..
    slm knl bwt smua..
    ane bru blajar nie tntng ps sin lam ba.,
    slam knl bwt smua.
    ane blajar djagorawi yg 10th udah pd vacuum n insya allah mw daktfn lg.

  15. Hallo Sim Lam Ba! lama terputus komunikasi karena akun saya dirahabilitasi ada yang suka sehingga tidak bisa dipakai lagi … semoga mengandung hikmah … Semoga Sim Lam Ba tetap jaya … saya adalah anggota Sim Lam Ba versi perspektus ala Sugondo Depok tempo dulu sekitar 1988-an … semoga dengan mendengar perkembangan Sim Lam Ba saya ikut senang hati … Wassalam Sudirman Aminin

  16. maaf para tetua sin lam ba saya pernah berguru aliran sin lam ba di makassar itu ada lama bagaimana cara mendalami kembali soalnya udah lama tidak latihan dan anggota sin lam ba di makassar udah tidak ketemu lagi. Mohom masukan karena saya pingin mengolah kembali. terima kasih

  17. abang2 semua anggota sin lam ba, aku pernah ngeliat aksinya tapi waktu itu aku masih kecil. emang canggih tuh sinlamba,waktu itu taun 1980an.encing saya sendiri yang memperagakan,tiga orang nyerang ga ada nyang bisa nyentuh encing saya.
    dulu ada di kemandoran rw belong,sekarang masih ada ga sih yang latihan.
    nama ecing saya MUKTAR LUTFI (cang mutang )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s